Pages

Author

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

[ LEBE.COM ]

[ LEBE.COM ]
seru2an bareng temen di forks washington :)

Mengenai Saya

Foto saya
I ♥ My God , My Family & My Friend . and I ♥ SUPER JUNIOR , I ♥ SHINee , I ♥ Girl's Generation (ɔˆ ³(ˆ⌣ˆc)

kontak fesbuk

Rida Robiatul Badriah

Buat Lencana Anda">

Jumat, 08 April 2011

cara membuat Tape ketan

Ini adalah resep buatan kelompok kami siswa/siswi SMPN 1 Cilimus , kenalan dulu yah .
saya Rida Robiatul Badriah sebagai ketua Kelompok,



Evan Aldy Rifanto
Nico Rahma Dinnur
Rida Robiatul Badriah
Ulfa Khairunnisa
Nah , udah pada kenal semua kan sama temen-temen saya ? hmm dikit-dikit cerita nih .. prepare buat praktek ini tuh cuman 24 jam lho .. alias sehari doang , bukannya guru nya ngedadak , hmm tapi itu lho, kita nya lupa ! :P haha waktu itu , tepatnya sehari sebelum hari ' H ' aku bagi-bagi tugas sama temen-temen .. yang pertama , Ulfa .. hmm dia ini susah buat di suruh bawa yang aneh-aneh ya udah akhirnya aku suruh bawa dia ragi sebungkus ,, itu lho salah satu bahan yang bikin tape ketannya berfermentasi , padahal bahan itu tuh gampang banget , tapi dasar yang namanya ulfa, dari pulang sekolah sih katanya dia udah nyari , tapi ga ketemu juga .. besok nya ( hari jum'at ) dia kirim mesage ke aku " rid , ragi tuh yang kaya gimana ? aku ga tau soalnyaa "
 di situ aku langsung nepuk jidat aku keras2 . " aduh ulfa ! kamu ini aneh banget , dikasih tugas yang gitu doang kaga bisa , " eh , tiba2 ada message lagi .. " rid , aku udah ketemu ko raginya "
hmmm, tiba-tiba serasa udara pagi jam 5 itu , sangat dingin dan menyegarkan , siangnya pas lagi praktek aku iseng-iseng deh nanya ke si ulfa , " fa , kamu bisa dapet dari mana ? hebat ! haha :D " > " ah , ga tau itu ibu aku yang beliin "   me : ( - _ - ")


seru lagi ceritanya waktu sama Nico , dia itu kebagian bawa daun jambu air yang udah di kukus , kalau sama Nico ini aku sih aga percaya .. hhe :) tapi waktu itu ada satu problem ama dia .. pas hari kamis sore , tepatnya jam 15.00 ada message masuk , " 1 message from 8.2 Nico " disitu pas lagi buka efbi hmm (gangguin aja , padahal saya lagi chat sama ***** ku ) NB : *= Cinta coba deh itung pasti pas haha .. eiit kembali lagi , kita baca yuk message dari si Nico itu , " rid , daunnya udah ada .. aku tuh sampe jatoh dari ketinggian 1 km lho " gila , disitu aku kaget banget ! dag , dig , dug gitu .. takut dia kenapa-kenapa ! bukan apa-apa sih , cuman kalau ga ada dia pasti praktek nya gatot ! wkwkwk , tapi pas tadi pagi aku tanya ke dia Alhamdulillah itu mah cuman boongan , sebenernya kesel juga sih .. tapi tak apa lah .. haha :D


yang ini namanya Evan , kalau sebelum hari " H " sih ga ada satu problem pun sama dia ( ya jelas lah , orang dia itu cuman di suruh bawa toples sama sendok 5 biji doang ! ) haha tapi itu lho pas praktek nya , kebetulan sembari praktek kita juga harus ngasih laporan kita nya ,, hmm di antara kita ga ada yang mau ngalah , soalnya pada pengen praktek ngaduk-ngaduk ketan itu , sontak aku langsung bentak mereka , akhirnya , sesuai kesepakatan ulfa deh yang nulisnya , di bantu evan juga aku ,, hmm tapi akhirnya amarah aku reda juga .. pas lagi ngeliatin evan sama ulfa lagi diskusi tentang hasil laporan aku pun berbisik dalam hati ( makasih ya , kalian itu berbakat banget ) diiringi senyuman kecil yang mereka ga sadari :')


kalau ada yang bakal aku kasih award gitu , tentunya aku bakal kasih ke Deti , dia itu temen sekelompok kita juga, dia itu di tugasin bawa nampan gedeee !! haha salutnya aku sama dia , pas pertama-tama aku ma evan bungkus ntu tape pake daun jambu kan gagal terus , nah si deti ini yang rajin ngebenerinnya , telaten banget orang nya ,, thank's yaa deti .. :)

nah yang paling seru cerita aku sendiri nih , hmm aku kebagian bawa ketan nya lho , sebagai anak yang males aku ga ada prepare apa-apa sebelumnya ,, aku efbian mulu sih soalnya haha .. tiba-tiba pas ba'da Isya aku baru inget ! aduhh ! lupa , udah mah malem-malem itu tuh lagi ujan gede , terpaksa deh aku seret adik aku keluar rumah buat nganterin aku ke warung-warung nyari ketan , di warung yang pertama katanya , " maaf neng ga jualan :) " arggghh kata-kata itu tuh selalu berulang-ulang sampe ke warung yang ketiga , hmm capek juga ,, aku liat jam udah jam 20.00 malem ngeliatin ade aku rasanya ga tega juga , jadinya aku pulang deh (dengan tangan hampa tentunya :( ) saking gelisah nya nyampe rumah aku ngamuk ga karuan sama orang-orang rumah , tiba2 si mamah punya ide , " teh , pesen aja atuh " oh iya ya! haha sambil di bantuin bibi aku akhirnya aku nelpon ke tukang ketannya , alhamdulillah katanya mau , biar dimahalin dikit gapapa sih , haha . aku langsung bersihin beras ketannya .. terus besok nya aku bangun jam 05.00 aku baru inget , buat pewarna nya harus pake daun katuk + daun laja , argghh jam 5 pagi yang masih gelap itu aku keliling ke setiap kebun rumah orang ,, aku di bantuin nyari sama tetangga , sampe proses penggilingannya juga tetangga aku pada ikut , hampir se RT pada ngebantuin akuu ! haha makasih yaa :)
udah deh , aku mau langsung kasih caranya aja ,, inget lho , ini hasil eksperimen kita , haha :D


Bahan-Bahan :

  • 1 Kg beras ketan 
  • 2 butir ragi
  • daun katuk + daun laja secukupnya (1/4 Kg)
  • daun jambu kurang lebih 30 buah (yang lebar)
cara membuat :
  • kukus daun jambu air di panci hingga sedikit layu lalu tiriskan dan gunting kedua ujungnya .
  • cuci beras ketan hingga benar-benar bersih lalu rendam hingga 12 jam setelah direndam selama 12 jam kukus beras ketan tersebut hingga 1/2 matang . 
  • sambil menunggu kukusan nya menjadi setengah matang , blender dedaunan yaitu daun katuk dan daun laja .
  • setelah kukusannnya matang , siram dan aduk dengan perasan dedaunan yang telah di blender tadi , kalau bisa untuk pewarnaan yang lebih bagus perasan daunnya harus diukur hingga dua gelas banyaknya.
  • setelah ketan 1/2 matang berubah warna  , kukus kembali hingga matang . kurang lebih setengah jam atau lebih . setelah itu angkat dan tiriskan
  • bubukan 2 buah ragi tersebut lalu taburkan ke atas ketan tadi . campur hingga merata , aduk menggunakan tangan yang bersih .
  • setelah itu bungkus dengan daun jambu tadi sesuai kreasi kalian masing-masing :)
  • masukkan ke dalam toples lalu diamkan selama kurang lebih 2 sampai 3 hari 
  • lalu cobain deh . kalau manis berarti berhasil ! haha
    *good luck

 kalau ada yang mau ditanyain tinggal komen aja OK ?!
salam anak-anak OXIDA haha :D



separador

4 komentar:

eha julaeha mengatakan...

siiiip....lah, jangan lupa kalo udah jadi tape ingat-ingat ya, oke !

Fika Atriani mengatakan...

hahaha ...
klo enk tngaal jualan ajj dpan rmah ...
wkwkwkwk

Widimy96 mengatakan...

Haaah, koq ada dia.... hehehehe
mantap rid,,,
coba kunjungi juga www.widimy96.co.cc
_____________________________________
Bla... bla... bla...

Rida Robiatul Badriah mengatakan...

@ ibu :: walah ,, afwan bu .. tape nya ga jadi .. kaya nya kurang bersih bikinnya maklum banyak tangan terus buru2 .. tape kan sifatnya sensitif sedikit aja da kuman , langsung deh gagal..
@ fika :: tadinya mau gitu .. berhubung gagal ntar insya allah mau di coba lagi , yang kamu gimana ? udah jadi ?
@ ka widi :: iya dong .. haha

Posting Komentar

Categories

Followers